Pengenalan Robot dan Web Browser

pengenalan robot dan web browser

ROBOTIKA
2.1 Pengertian Robotika
Istilah robot berawal bahasa Cheko robota yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah atau bosan. Sedangkan secara terminologi, arti yang paling tepat dengan istilah robot mengandung pengertian System atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis. Robot yang dibuat manusia tidak boleh bertentangan dengan Laws of Robotics yang dikemukakan oleh Isaac Asimov.
Di kalangan umum pengertian robot selalu dikaitkan dengan “makhluk hidup” berbentuk orang maupun binatang yang terbuat dari logam dan bertenaga listrik (mesin). Sementara itu dalam arti luas robot Adalah suatu alat yang dalam batas-batas tertentu dapat bekerja sendiri (otomatis) sesuai dengan perintah yang sudah diberikan oleh perancangnya. Dengan pengertian ini sangat erat hubungan antara robot dan otomatisasi sehingga dapat dipahami bahwa hampir setiap aktivitas kehidupan modern makin tergantung pada robot dan otomatisasi.
2.2 Sejarah Perkembangan Robotika
Perkembangan robotika pada awalnya bukan dari disiplin elektronika melainkan bersal dari ilmuwan biologi dan pengarang cerita novel maipun pertunjukan drama pada sekitar abad XVIII. Para ilmuwan biologi pada saat itu ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan menuruti segala apa apa yang mereka perintahkan, dan sampai sekarang makhluk yang mereka ciptakn ter5sebut tidak p[ernah terwujud menjadi nyata, tapi matrak menjadi bahan pada novel-novel maipun naskah sandiwara pangung maupun film.
Baru sekitar abad XIX robot mulai dikembangkan oleh insinyur teknik, pada saat itu berbekal keahlian mekanika untuk membuat jam mekanik mereka membuat boneka tiruan manusia yang bisa bergerak pada bagian tubuhnya.
Pada tahun 1920 robot mulai berkembnag dari disilin ilmu elektronika, lebih spesifiknyas pada cabang kajian disiplin ilmu elektronika yaitu teknik kontrol otomatis, tetapi pada masa-masa itu komputer yang merupakan komponoen utama pada sebuah robot yang digunakan untuk pengolaan dat masukan dari sensor dan kendali aktuator belum memiliki kemmpuan komutasi yang cepat selain ukuran fisik komputer pada masa itru masih cukup besar.
Robot-robot cerdas mulai berkembang peats seiring berkembagnya komputer pada sekitar tahun1950-an. Dengan semakin cepatya kemampuan komputasi komputer dan semakin kecilnya ukuran fisiknya,maka robot-robot yang dbuat semakin memiliki kecerdasan yang cukup baik untuk melakukan pekerjan-pekerjan yang biasa dilakukan olaeh manusia. Pada awal diciptakaanya, komputer sebagai alat hitung saja, perkembangan algoritma pemrograman menjadikan komputer sebagai instrumentasi yang memiliki kemammpauankemampuan seperti otak manusia. Artificial intelegent atau kecerdasan buatan adalah algoritma pemrograman yang membuat komputer memiliki kecerdasan seperti manusia yang mampu menalar, mengambil kesimpilan dan keputusan berdasarkan pengalaman yang dimiliki.
2.3 Sistem Mekanik Dalam Robot
Manipulator robot adalah sistem mekanik yang menunjukkan pergerakan dari robot. mekanik ini terdiri dari susunan link(rangka) dan joint (engsel) yang mampu menghasilkan gerakan yang terkontrol. Hanya dua tipe dasar dari jenis yang digunakan pada industri yaitu:
• Revolute joint (R) yaitu perputaran pada sumbu tertentu
• Prismatic joint (P) yaitu pergeseran sepanjang sumbu tertentu
Dengan dua tipe joint di atas maka dapat dibuat manipulator dengan dua, tiga bahkan enam
derajat kebebasan adalah jumlah arah yang independen, dimana end effector (berupa griper/tool)
dapat bergerak.Secara umum struktur robot dapat dibedakan menurut sumbu koordinat yang digunakan, yaitu:
• Robot Kartesian yang terdiri dari 3 sumbu linier
• Robot Silindris yang terdiri dari 2 sumbu linier dan 1 sumbu rotasi
• Robot Spheris yang terdiri dari 1 sumbu linier dan 2 sumbu rotasi
• Robot Artikulasi yang terdiri dari 3 sumbu rotasi
2.4 Jenis –jenis Bentuk Robot
1. Robot Mobile
Robot Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektronik.Base robot mobil dapat dengan mudah dibuat dengan menggunakan plywood /triplek, akrilik sampai menggunakan logam ( aluminium ). Robot mobil dapat dibuat sebagai pengikut garis ( Line Follower ) atau pengikut dinding ( Wall Follower ) ataupun pengikut cahaya.
2. Robot jaringan
Robot jaringan adalah pendekatan baru untuk melakukan kontrol robot menggunakan jaringan internet dengan protokol TCP/IP. Perkembangan robot jaringan dipicu oleh kemajuan jaringan dan internet yang pesat. Dengan koneksi jaringan, proses kontrol dan monitoring, termasuk akuisisi data bila ada, seluruhnya dilakukan melalui jaringan. Keuntungan lain, koneksi ini bisa dilakukan secara nirkabel.Di Indonesia, pengembang robot jaringan belum banyak, meski pengembang dan komunitas robot secara umum sudah banyak. Hal ini disebabkan tuntutan teknis yang jauh lebih kompleks. Salah satu robot jaringan yang sudah berhasil dikembangkan adalah LIPI Wireless Robot (LWR) yang dikembangkan oleh Grup Fisika Teoritik dan Komputasi– GFTK LIPI.Seperti ditunjukkan di LWR, seluruh proses kontrol dan monitoring bisa dilakukan melalui perambah internet. Lebih jauh, seluruh sistem dan protokol yang dikembangkan untuk LWR ini telah dibuka sebagai open-source dengan lisensi GNU Public License (GPL) di SourceForge dengan nama openNR.
3. Robot Manipulator ( tangan )
Robot ini hanyak memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di Industri mobil, robot merakit elektronik dll.
4. Robot Humanoid
Robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan oleh Honda. Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan “cari dan tolong” (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.
5. Robot Berkaki
Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.
6. Flying Robot (Robot Terbang)
Robot yang mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang deprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi.
7. Under Water Robot (Robot dalam air)
Robot ini digunakan di bawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.Ada beberapa unjuk kerja robot yang perlu diketahui, antara lain:
• Resolusi adalah perubahan gerak terkecil yang dapat diperintahkan oleh sistem kontrol pada lingkup kerja manipulator.
• Akurasi adalah besarnya penyimpangan/deviasi terhadap masukan yang diketahui
• Repeatability adalah kemampuan robot untuk mengembalikan end effector (pemegang/griper) pada posisinya semula
• Fleksibilitas merupakan kelebihan yang dimiliki oleh robot secara umum jika dibandingkan dengan mesin konvensional. Hal ini pun tergantung kepada pemprogram dalam merencanakan pola geraknya.
2.5 contoh-contoh sistem kontrol pada robot
Membuat robot tak lepas dari namanya sistem kontrol. Yang umum dipakai ada 3, yaitu:
1. ON-OFF
2. PID
3. Penerapan Soft Computing
Sistem kontrol digunakan untuk mengontrol pergerakan / navigasi robot. Kita ambil contoh robot line follower. Misal kita ingin menerapkan sistem kontrol ON-OFF pada robot dengan 2 sensor garis. Sistem kontrol yang diterapkan adalah switching aktuator (motor DC) ON dan OFF berdasarkan kondisi sensor kiri dan kanan, yaitu set motor kanan ON dan motor kiri OFF saat sensor kiri mendapatkan garis, demikian sebaliknya untuk sensor kanan. Pergerakan akan terlihat zigzag jika hanya menggunakan dua sensor ini dan hanya diterakan sistem kontrol ON-OFF.
Dengan menerapkan sistem kontrol PID kita bisa memperbaiki pergerakan robot menjadi lebih smooth. Sistem kontrol PID adalah mekanisme umpan balik berulang tertutup. Kontrol PID digunakan untuk mengkoreksi error dari pengukuran variabel proses (dalam kasus ini adalah sensor) agar output sistem sesuai dengan nilai set point melalui perhitungan parameter Proportional (P) + Integral (I) + Derivative (I). Silahkan googling dan wikiing untuk mengetahui PID lebih jauh. Contoh kasus penerapan PID pada robot line follower bisa di baca di sini. Dadank juga pernah membuat robot semar mesem dengan penerapan PID sederhana, silahkan tilik di sini. Sedangkan penerapan soft computing bisa berupa fuzzy logic dan NN (dua ini yang lazim digunakan untuk KRCI). Penerapan soft computing cocok untuk granular data yang kompleks, misal data dari banyak sensor ultrasonic untuk mengontrol aktuator. Jika mapping data sensor dengan PWM motor dengan cara sederhana sudah tidak bisa diterapkan, maka penerapan “komputasi halus” perlu diterapkan. Untuk masalah soft computing lebih spesifik mungkin bisa dibahas dithread selanjutnya.
• Autonomous Robot System-ARS
Untuk membiarkan sistem robot mandiri (ARS) bekerja pada dunia nyata, kontrol dan sistem sensor harus memperhatikan tantangan yang diakibatkan oleh keitdakpastian observasi terhadap lingkungan dan kondisi tugasnya. Oleh karena itu, harus diperhatikan seberapa jauh kebutuhan sistem kontrol yang akan digunakan untuk mendesaian sistem robot mandiri. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, diantaranya :
• Sistem kontrol robot bersifat sensor driven
Satu masalah yang dihadapi pada lingkungan yang tidak terstruktur adalah tidak mungkin memperkirakan hasil dari tiap aksi secara tepat. Kondisi ini juga menunjukkan sedikitnya kemungkinan menemukan deret aksi yang akan memecahkan tugas yang diberikan berdasarkan semua kemungkinan yang telah diperhitungkan sebelumnya.
Oleh karena itu sistem kontrol robot harus dikendalikan sensor(sensor driven) dan mengijinkan robot untuk bereaksi terhadap kejadian (event) yang tidak diharapkan secara on line. Pendekatan kontrol reaktif seperti ini dapat menjadi robust dengan mempertimbangkan gangguan yang terbatas dan dapat memperbaiki diri secara mandiri terhadap gangguan yang tak dapat dimodelkan tanpa memerlukan perencanaan ulang. Hal ini memberikan respon level rendah yang lebih fleksibel terhadap situasi baru dan mengijinkan robot untuk melakukan tugas pada konsidi munculnya noise pada sensor dan terjadinya perubahan kondisi lingkungan.
• Arsitektur kontrol yang adpatif
Untuk mengatasi perubahan yang besar pada lingkungan saat run-time sebagaimana juga perubahan pada misi/tugas yang terus menerus, ARM harus mampu mengubah kebijakan kontrolnya untuk menyesuaikan dengan semua kondisi baru. Secara umum, hal ini membutuhkan arsitekrut sistem kontrol adapatif. Bergantung pada kondisi operasi, variasi yang luas dari mekanisme machine-learning dapat digunakan untuk melakukan adaptasi. Pada misi yang mengijinkan pengawasan oleh operator luar, metode pengajaran dapat dilakukan dan juga dengan memodifikasi strategi kontrol yang telah diprogram sebelumnya untuk melakukan tugas yang diperlukan. Namun, pada banyak aplikasi diluar, guidance tidak tersedia. Pada situasi ini, sistem belajar mandir yang lebih baik sehingga strategi kontrol dapat menyesuaikan dengan kontek lingkungan tanpa masukan guru. Aplikasi yang seperti ini, berkisar dari aplikasi di daerah terpencil atau lingkungan berbahaya yang tidak memfasilitasi kehadiran manusia, sampai pada aplikasi untuk urusan rumah tangga yang bekerja sesuai dengan keinginan pemilik tanpa melakukan akses ke robot yang telah dilatih oleh operator/guru.
• Memenuhi batasan keamanan
Spesifikasi dasar untuk arsitektur kontrol untuk keperluan ARS adalah ia memenuhi batasan keamanan tertentu untuk menghindari kegagalan besar dan tak dapat diperbaiki. Hal ini khususnya penting ketika tugas baru dilatihkan tanpa pengawasan dan ketika pengaruh perbedaan aksi harus ditentukan melaui uji coba. Namun, mekansime untuk memenuhi kebutuhan keamanaa dapat dimanfaatkan untuk sistes teleoperasi yang besar yang dapat membantu mengurangi resiko kerusakan dan kegagalan menyeluruh karena kesalahan operator. Arsitektur kontrol untuk sistem robot seyogyanya menyediakan mekanisme yang membatasi sistem behavior agar dapat mengakomodasi kebutuhan keamanan dan kekokohan. Oleh kerena itulah dibituhkan sarana/alat yang dapat membatasi proses belajar dengan tujuan untuk menghindari aksi yang dapat mengganggu sifat-sifat kritis dari sistem behavior.
• Kemampuan Belajar
Sifat arsitektur yang lain yang mendukung autonomy dan adaptasi adalah kemampuan untuk menggabungkan pengatahuan awal atau pengetahuan yang diperoleh untuk mempercepat proses belajar. Untuk membuat adaptasi mandiri lebih praktis, pembelajaran harus menghasilkan kebijakan sensorimotor yang bermanfaat untuk sebagian besar tugas. Untuk mencapai efisiensi dan fleksibiltas yang demikian, arsitektur kontrol haurs mengijinkan robot untuk memperoleh keuntungan dari semua informasi luar yang tersedia pada kontek tertentu.
Penggunaan yang efektif dari pengetahuan kontrol luar dapat menghasilkan mode operasi yang berbeda. Khususnya, jika pengetahuan awal tersedia cukup, dimungkinkan untuk menentukan kebijakan kontrol yang tepat sebelumnya, mengurangi kebutuhan belajar secara on-line. Jika tidak ada informasi yang tersedia, arsitektur kontrol harus mampu menentukan kebijakan kontrol secara mandiri (autonomously). Untuk sepenuhnya menggunakan pengetahuan kontrol, sistem kontrol seharunya mendukung operasi pada berbagai tingkatan otonomi, dari terprogram penuh yang perilakunya sebagain dikendalikan oleh operator sampai ke otonomi penuh, berjalan secara bebas, terbebas dari intervensi.
WEB dan BROWSER
3.1 Cikal-Bakal Web dan Browser
“Web adalah sebuah kreasi sosial ketimbang teknis. Saya mendisain web untuk kepentingan sosial, yaitu membantu orang-orang untuk dapat bekerjasama, dan bukan untuk sekedar kutak-katik teknis,” demikian ditegaskan oleh Tim Berners-Lee, seorang disainer web pertama, seperti ditulis dalam bukunya Weaving The Web tahun 1999. Jelas, bahwa sebenarnya saat pertama kali web didisain pada tahun 1990 oleh Berners-Lee, tidak ada tujuan sama sekali untuk mengkomersialkan web. Kalaupun akhirnya web tersebut menjadi komoditi yang diperebutkan oleh banyak pihak, tampaknya sah-sah saja, mengingat salah satu aplikasi Internet yang populer adalah web.
Bahkan Microsoft dan Netscape sama-sama pernah berusaha membuat satu standarisasi web secara de facto. Untunglah, Berners-Lee bersama rekan-rekannya mendirikan World Wide Web Consortium (www.w3c.org) pada bulan Oktober 1994. W3C berhasil mencegah kalangan komersial mengambil-alih web. Kini beragam standarisasi web, seperti versi Hyper-Text Markup Language (HTML) dan Platform for Internet Content Selection (PICS), Cascading Style Sheet (CSS) dan eXtended Markup Language (XML) dirancang-bangun oleh W3C secara independen, tanpa ada tekanan dari manapun.
Kisahnya berawal ketika pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Universitas Oxford berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal tersebut diberi judul “HyperText and CERN”. CERN merupakan nama tempat Berners-Lee bekerja saat itu, yaitu kependekan dari Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire, sebuah laboratorium riset bidang fisika partikel di Jenewa, Swiss. Pada penghujung tahun 1990, sebuah prototipe web berhasil dijalankan di sebuah perangkat komputer NeXT. Saat itu web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www. Esensi dasar sebuah web telah lahir!
Kemudian pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih mengunakan browser line-mode interface. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.
Salah seorang pemerhati perkembangan web dan www tersebut adalah Marc Andreesen, seorang mahasiswa University of Illinois, yang gemar mengutak-atik perangkat keras dan lunak di laboratorium kampusnya, National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Kemudian Andreesen bersama rekan-rekannya browser berdasarkan data-data dari CERN. Pada bulan Februari 1993 lahirlah browser graphical user interface (GUI) yang pertama. Informasi mengenai browser yang diberi nama Mosaic tersebut segera disebarluaskan melalui newsgroup. Mosaic merevolusi konsep tentang browser. Mosaic 1.0 secara resmi baru dirilis pada bulan November 1993, dengan menggabungkan berbagai aplikasi Internet seperti www, news, WAIS, e-mail dan tentu saja, kemampuan menampilkan image!
Bahkan hyperlink untuk pindah halaman telah berbentuk tulisan biru yang dapat di klik menggunakan mouse. Mosaic pun terjun dalam kiprah komersial. Pada April 1994, Jim Clark, pendiri Silicon Graphics, bersama dengan Andreseen mendirikan Mosaic Communication Corporation, yang kemudian berganti nama menjadi Netscape Corporation. Untuk selanjutnya, Mosaic dikembangkan oleh tim NCSA minus Andreseen, sedangkan Netscape Corporation mengembangkan Netscape. Saat itu, lisensi source code Mosaic, yang diberi kode SpyGlass, bisa ikut dimiliki oleh pihak lain.
Pada Desember 1994, lahirlah browser komersial yang pertama, Netscape 1.0 dari Netscape Corporation. Lantaran menyadari bahwa Netscape tersebut lahir dari dunia pendidikan, Netscape Corporation memutuskan mendistribusikan browser komersial mereka tersebut secara gratis khusus bagi kalangan pendidikan. Strategi ini menjadi kunci penting dalam perolehan pangsa pasar Netscape hingga 80% pada era tersebut.
Microsoft saat itu sedang tertidur pulas. IE 1.0 baru dirilis Agustus 1995, dalam bentuk Windows 95 Plus pack release yang komersial, alias tidak gratis. IE 1.0 tersebut berbasiskan pada source code Mosaic dengan lisensi SpyGlass. Bill Gates seperti tersambar petir ketika menyadari bahwa perkembangan Internet sedemikian pesat dan sedemikian penting, sama pentingnya dengan personal computer (PC) dan sistem operasi. Orang-orang tengah keranjingan Internet. Saat itu browser adalah Netscape.
Dalam sekejap, Bill Gates melakukan mobilisasi Microsoft dan mulai serius mengembangkan IE. Akhirnya, IE 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1996 untuk berhadap-hadapan dengan Netscape. Bill Gates tidak mau tanggung-tanggung, mulai dari IE 3.0 tersebut, semua browser IE digratiskan sama sekali dan diikat dalam sistem operasi Windows. Hal tersebutlah yang akhirnya memicu perang browser, pengadilan anti-monopoli Microsoft dan runtuhnya dinasti Netscape.
3.2 Pengertian Penjelajah web
Penjelajah web, disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan olehserverweb.
Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
3.3 Sejarah Penjelajah web
Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif).
Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic. Selanjutnya, setelah lulus dari universitas, Marc ditawari oleh Jim Clarc, salah seorang petinggi Silicon Graphics Incorporated (SGI), untuk membuat perusahaan dengan nama Mosaic Communication, yang kemudian berubah menjadi Netscape Communication.
Marc membuat sebuah penjelajah web populer pertama yang digunakan oleh umum, yang disebut dengan Netscape Navigator. Pada saat pengembangannya, Navigator memiliki nama kode Mozilla. Navigator merupakan penjelajah web komersial, akan tetapi seiring dengan waktu akhirnya Navigator pun menjadi dapat diperoleh secara gratis. Sementara itu, penjelajah web Mosaic yang gratis tidak diteruskan lagi pengembangannya, dan diserahkan kepada NCSA (National Computing for Supercomputer Application). Karena NCSA tidak memiliki izin untuk mengomersialkan produk Mosaic, NCSA akhirnya menjual Mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat Mosaic menjadi penjelajah web komersial.
Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.
3.4 Fitur web
Penjelajah web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Browser modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang penjelajah web, fitur-fitur Web dan penjelajah web semakin cepat dikembangkan.
Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
• ActiveX
• Autocompletion (Pengisian otomatis) URL dan formulir data
• Bookmark untuk mengikuti lokasi yang sering diakses
• Cascading Style Sheet (CSS)
• Cookie yang membolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama
• Web cache – Halaman web “disimpan” dalam memori ketika kita membukanya agar dapat diakses lagi walaupun sedang offline
• Digital certificate (Sertifikat Digital)
• DHTML
• Pemuatan gambar menggunakan format gambar yang sudah terkenal seperti GIF, PNG, JPEG, SVG
• Flash
• Favicon
• Font, ukuran, warna
• Formulir untuk mengirimkan informasi
• Frame dan IFrames
• Gambar
• HTTPS
• Integrasi dengan aplikasi desktop lainnya
• Offline browsing terhadap isi web yang sudah dicache terlebih dahulu
• Java applet
• JavaScript untuk isi yang lebih dinamis
• Pengaturan Download
• Penyaringan iklan (Ad filtering)
• Plug-in
• Sejarah kunjungan ke halaman-halaman web terakhir
• Session management
• Tabbed browsing
• Tabel
• XHTML dan XML
“Small-Screen Rendering” (“penampilan pada Layar-Kecil”) dari Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.
3.5 Pengertian Browser
Browser dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, menampilkan, dan sumber-sumber informasi melintasi di World Wide Web. Sebuah sumber informasi yang diidentifikasi oleh sebuah Uniform Resource Identifier (URI) dan mungkin suatu halaman web, gambar, video, atau potongan lainnya konten. Hyperlinks hadir dalam sumber daya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menavigasi browser mereka ke sumber daya yang terkait.Walaupun browser ini terutama ditujukan untuk mengakses World Wide Web, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh Web server dalam jaringan pribadi atau file dalam sistem berkas.
3.6 Sejarah Browser
Sejarah web browser tanggal kembali ke akhir 1980-an, ketika berbagai teknologi meletakkan dasar untuk browser web pertama, WorldWideWeb, oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Browser yang menghimpun berbagai yang ada dan baru teknologi perangkat lunak dan perangkat keras. Pengenalan web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 – salah satu web browser grafis pertama – menyebabkan ledakan di web digunakan. Marc Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera memulai perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan dilepaskan Musa-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi dunia browser paling populer, terhitung 90% dari semua web yang digunakan pada puncaknya (lihat pangsa penggunaan web browser).
3.7 Macam-macam Browser
• Internet Explorer
Microsoft menanggapi dengan browser Internet Explorer pada tahun 1995 (juga sangat dipengaruhi oleh Musa), memulai industri browser pertama perang. Oleh bundling Internet Explorer dengan Windows, Microsoft dapat meningkatkan dominasinya di pasar sistem operasi untuk mengambil alih pasar browser web; Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002. Internet Explorer memiliki 65% penggunaan browser berbagi per Oktober 2009 menurut Net Applications.
• Opera Browser
Opera merupakan salah satu browser yang mulai diminati oleh pengguna Internet. Menurut pernyataan Opera Software pada bulan Oktober 2001, sejak Opera 5.0 diluncurkan pada Desember 2000, lebih dari 5 juta orang telah mendownload dan menginstal Opera. Hal tersebut bukan isapan jempol belaka. Terbukti dengan data statistik yang dikeluarkan oleh StatMarket/WebSideStory pada akhir November 2001 yang mengungkapkan bahwa Opera meraih pangsa pengguna browser sebesar 0,67%, naik dari angka 0,3% pada bulan Januari di tahun yang sama. Raihan Opera bahkan lebih dramatis terjadi di Rusia dengan naik dari 1,5% menjadi 5,88%, di German naik dari 1,3% menjadi 3,37% dan di Swedia naik dari 0,5% menjadi 1,8%.
Opera tersedia dalam berbagai versi platform sistem operasi. Opera didownload dan dipergunakan secara gratis, tentunya dengan ada banner iklan dalam browser versi gratis tersebut. Untuk menghilangkan banner tersebut, pengguna hanya dikenakan biaya sebesar US$ 39. Versi terkini adalah 6.0 yang dirilis 29 November 2001, dan telah tersedia dalam 25 bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia! Opera menyatakan dirinya sebagai browser yang lebih ringkas dan lebih cepat ketimbang browser lainnya.
Opera juga merupakan browser komersial pertama yang mendukung Transport Layer Security (TSL), pengembangan dari teknologi enkripsi SSL 3.0. Yang pasti, Opera dirancang-bangun dari awal, tidak berbasiskan source code NCSA Mosaic ataupun metodologi yang dipakai oleh Netscape dan IE. Ini membuat Opera menjadi browser yang benar-benar unik. Standar yang didukung Opera antara lain XTML, WAP, WML, CSS, ECMAScript, JAVA dan Flash.
Spesifikasi:
– Sistem Operasi: Windows (3.1/95/98/ME/NT 3.5/NT 4.0/2000/XP), Symbian OS (3.0/5.0), Solaris, QNX, O/S 2, Mac PowerPC (system 7.5.3-9.2 / OS X), Linux dan BeOS
– Besar file download untuk versi Windows berbahasa Indonesia: 3,2 MB (tanpa Java) / 10,7 MB (dengan Java)
– Biaya: Gratis (ada banner iklan) / US$ 39 (tanpa banner iklan)
– Situs: http://www.opera.com
– Keterangan tambahan: Opera dapat terkoneksi langsung dengan account ICQ, terdapat e-mail client yang dapat mengambil data dari Netscape Mail atau Outlook Express, memiliki fasilitas skin browser, page zoom dan multi-document interface. Opera cocok untuk pengguna Internet yang membutuhkan alternatif browser yang handal.
• Mozilla Browser
Mozilla sebenarnya masih bersaudara dengan Netscape. Meskipun demikian, Mozilla bukanlah Netscape dan Netscape bukanlah Mozilla. Kisahnya berawal ketika Netscape Communications harus menghadapi tantangan Microsoft yang mengeluarkan IE 3.0 secara gratis dan diikat pada sistem operasi Windows 95. Pada bulan Januari 1998, Netscape Communication menggratiskan seluruh produk browsernya, termasul source code Netscape tersebut. Source code Netscape saat itu menjadi berlisensi Open Source. Kemudian pada akhir Maret 1998, Netscape Communication mendirikan organisasi nirlaba Mozilla Organization untuk pengembangan browser secara open source.
Nama Mozilla diambil dari nama maskot resmi Netscape Communication yang telah ada sejak tahun 1994. Kebetulan, browser open source tersebut diberi nama Mozilla juga. Selanjutnya pada bulan November 1998, Netscape Communication memutuskan untuk mengintegrasikan beberapa source code browser Mozilla pada browser Netscape yang akan dirilisnya. Netscape 6.0, dan turunannya, yang dirilis pada November 2000, menggunakan source code Mozilla dengan beberapa modifikasi, ditambah dengan komponen non open source lainnya. Mozilla Organization mendapatkan dukungan dana dari IBM, Sun MicroSystems, Netscape Communications, dan lain-lain. Browser Mozilla tetaplah gratis dan open source. Mozilla versi terkini adalah versi 0.9.7 yang dirilis pada bulan Desember 2001.
Spesifikasi:
– Sistem Operasi: Windows (95/98/ME/NT 3.5/NT 4.0/2000/XP), Mac PowerPC (minimal OS 8.5), Linux, OpenVMS Alpha (minimal 7.1) dan Solaris 8.0
– Besar file download dalam bentuk source code: 36,5 MB (qzip)
– Biaya: Gratis (source code tersedia)
– Situs: http://www.mozilla.org
– Keterangan tambahan: Mozilla bukan untuk kalangan end-user. Disediakan mailing-list dan newsgroups bagi komunitas pengembang dan peminat Mozilla. Browser Mozilla cocok bagi pengguna Internet yang suka mengutak-atik program dan ingin mengetahui isi perut browser.
• Apple Safari
Apple Safari mempunyai rilis beta pertama pada bulan Januari 2003; per Oktober 2009, ia memiliki pangsa dominan Apple berbasis web browsing, terhitung hanya 4% dari seluruh pasar browser. [4] Its mesin rendering, yang disebut WebKit, juga berjalan di browser standar ponsel beberapa platform, termasuk iPhone OS, Google Android, Nokia S60 dan Palm WebOS.
• Browser Google Chrome
Google sepertinya terus melakukan inovasi. Kini, perusahaan mesin pencari raksasa itu sudah menyiapkan browsing Chrome versi beta.
Ada sekitar delapan bug yang muncuk seiring dengan rencana perilisan Chrome untuk Mac dengan menelusuri sejumlah database yang ada. Dari delapan bug yang ada, hanya ada sekitar dua yang dianggap menjadi prioritas pertama, yaitu keduanya mengalami crash ketika mencoba membaca konten dari format Flash Adobe. Tiga pekan lalu, manajer produk dari tim Chrome mengatakan Google akan menyiapkan versi beta Chrome untuk Mac, awal Desember ini.
Namun, sejumlah fitur yang tersedia untuk para pengguna Windows sepertinya tidak akan dicangkokkan ke browser yang akan dilansir untuk Mac. TechCrunch melaporkan hal ini pertama kalinya di mana fitur-fitur tersebut antara lain bookmark manager, App Mode, dan sinkronisasi bookmark.
Versi beta ini juga tidak memasukkan dukungan untuk ekstensi, sejumlah fitur yang memang disediakan untuk versi Windows. Meski Google belum menyiapkan versi ini untuk ke publik. “Tidak ada ekstensi untuk beta,” demikian disampaikan Mike Pinkerton, seorang kepala teknisi yang bekerja untuk Chrome versi Mac.
“Namun, kami akan mendapatkannya segera,” demikian disampaikan pihak Google. Selain bekerja untuk Chrome, Pinkerton juga memberikan kontribusi untuk Camino, satu-satunya browser Mac yang bekera menggunakan Gecko yang dibuat oleh Mozilla yang juga membuat Firefox.
Berdasarkkan daftar komprehensif dari bug yang ada, maka ini tidak akan dialamatkan untuk memasukkan sejumlah hal untuk sebuah perbaikan termasuki sistem tagged yang ada seperti Milestone 4. Google juga akan menambahkan sejumlah fitur seperti pembacaan file PDF, Task Manager, dan juga perwajahan untuk browsing dan menghapuskan sistem penyimpanan kata sandi. Google juga membawa versi beta Chrome untuk Windows pada pertengahan Desember namun tidak memproduksi beta untuk Mac dan Linux. Sistem pengembangan diri sendiri ini edisi Chrome di Mac dan Linux sudah dikeluarkan pada Juni lalu namun Google memperingatkan jika versi ini tidak stabil. Oktober lalu, Chrome menghitung ada sekitar 3,6 persen pengguna browser ini. Demikian keterangan yang disampaikan perusahaan penghitung jumlah orang yang menjelajah di seluruh browser yang ada di dunia maya, Net Applications. (widyabuana)
• Mosaic Browser
Kita telah memahami tentang kelahiran Mosaic dari rahim NCSA. Versi terakhir Mosaic adalah versi 3.0 untuk sistem operasi Windows 95/NT yang dirilis pada bulan Januari 1997. NCSA memutuskan untuk menghentikan pengembangan Mosaic dengan alasan agar dapat berkonsentrasi ke aktifitas lain. Meskipun demikian, atas nama sejarah, NCSA tetap membuka situs untuk mendownload beragam versi Mosaic secara gratis. Source code Mosaic juga tersedia secara gratis khusus bagi kalangan pendidikan. Mosaic merupakan browser yang paling simpel dan paling kecil memakan tempat di harddisk. Bahkan spesifikasi komputer yang bisa menggunakan Mosaic minimal 80486-33 Mhz dengan memori 8 Mb. HTML versi 3.2 sudah bisa dibaca oleh Mosaic.
Spesifikasi:
-Sistem Operasi: Windows (95/NT)
– Besar file download: 2,9 Mb
– Biaya: Gratis (source code tersedia)
– Situs: http://archive.ncsa.uiuc.edu/SDG/Software/mosaic-w
– Keterangan tambahan: Browser Mosaic cocok bagi pengguna Internet yang membutukan browser simpel, kecil, tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi serta tidak untuk membuka situs-situs multimedia.
• Amaya Browser
Amaya adalah browser dan web editor resmi yang dikeluarkan dan digunakan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Fungsi Amaya adalah untuk melakukan tes dan evaluasi terhadap setiap pengembangan standarisasi web oleh W3C. W3C dipimpin oleh Tim Berners-Lee, disainer web pertama di dunia. Amaya dapat didownload dan digunakan secara gratis. Source code nya pun merupakan open source. Keuntungan menggunakan Amaya adalah dia selalu menjadi browser yang pertama kali mengadopsi perkembangan aplikasi web terkini.
Amaya terkini merupakan versi 5.3 yang dirilis pada Desember 2001. Kecanggihan Amaya yang lain adalah kemampuannya melakukan proses editing dan browsing sekaligus secara cepat dan mudah. Amaya ditulis menggunakan bahasa C dan dapat digunakan dalam sistem operasi Windows dan Unix. Kemampuan lainnya antara lain mampu membaca HTML versi 4.01, XHTML 1.1, MathML 2.0, CSS2, Scalable Vector Graphics (SVG) dan lain-lain.
Spesifikasi:
– Sistem Operasi: Windows, Linux, Debian, Sparc/Solaris, AIX dan OSF1
– Besar file download: 4,8 Mb (NT/2000/XP), 5,2 Mb (95/98/ME) 3,6 (Linux), 5 Mb (source code tgz)
– Biaya: Gratis (source code tersedia)
– Situs: http://www.w3.org/Amaya
– Keterangan tambahan: Browser Amaya cocok bagi pengguna Internet yang membutukan browser yang berkemampuan handal dan selalu mengikuti perkembangan teknologi secara cepat.
3.8 Perbandingan antara browser dan web
Web browser yang tersedia berkisar fitur dari minimal, pengguna berbasis teks antarmuka dengan telanjang-tulang dukungan untuk HTML untuk antarmuka pengguna yang kaya mendukung berbagai format file dan protokol. Browser yang mencakup komponen tambahan untuk mendukung e-mail, Usenet berita, dan Internet Relay Chat (IRC), kadang-kadang disebut sebagai “internet suite”daripada hanya “web browser”.
Semua web browser utama memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa sumber-sumber informasi pada saat yang sama, baik di jendela browser yang berbeda atau dalam tab yang berbeda, dari jendela yang sama. Mayor browser juga menyertakan pop-up blocker untuk mencegah jendela yang tidak diinginkan dari “muncul” tanpa persetujuan pengguna.
Kebanyakan browser web dapat menampilkan daftar halaman web yang telah bookmarked pengguna sehingga pengguna dapat dengan cepat kembali kepada mereka. Bookmark juga disebut “Favorit” di Internet Explorer. Selain itu, semua web browser utama memiliki beberapa bentuk built-in web feed aggregator. Di Mozilla Firefox, web feed yang diformat sebagai “Live Bookmarks” dan berperilaku seperti folder penanda yang sesuai dengan entri baru dalam feed. Dalam Opera, yang lebih tradisional termasuk pembaca feed yang menyimpan dan menampilkan isi feed .
BAB IVMacam-macam Bahasa Pemrograman
4.1 Pengrtian Bahasa Pemrograman
Bagi anda yang bekerja dalam bidang web design pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang nama bahasa pemrograman.Bahasa pemrograman yang umum dikenal adalah php dan html.Tapi sebenarnya masih banyak bahasa pemrograman yang lain.
Berikut ini ada beberapa macam bahasa pemrograman yang perlu anda ketahui :
4.2 Jenis-jenis Pemrograman
1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
4. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.Syntax coldfusion berbasis html.
8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
10. Bahasa Pemrograman Quick basic
Microsoft QuickBasic (juga QB atau salah, “QBasic”, yang merupakan sistem yang berbeda) adalah sebuah Integrated Development Environment (atau IDE) dan compiler untuk bahasa pemrograman BASIC yang dikembangkan oleh Microsoft.QuickBasic berjalan terutama pada DOS, meskipun ada versi singkat untuk Mac OS.
Ini secara longgar didasarkan pada GW-BASIC, tetapi menambah tipe yang ditetapkan pengguna, meningkatkan struktur pemrograman, grafis dan disk lebih baik dukungan dan kompilator selain penerjemah. Microsoft dipasarkan QuickBasic sebagai tingkat pengantar untuk BASIC Professional Development System.
Esi terakhir dari QuickBasic adalah versi 4.5 (1988), walaupun pengembangan Microsoft BASIC Professional Development System (PDS) terus sampai rilis terakhir versi 7,1 pada Oktober 1990 (pada saat yang sama, kemasan QuickBasic diam-diam berubah sehingga disk menggunakan kompresi yang sama digunakan untuk DASAR PDS 7,1 ).
PDS Dasar versi 7.x IDE disebut QuickBasic Extended (QBX), dan hanya berlari di DOS, tidak seperti sisa PDS Dasar 7.x, yang juga berlari pada OS / 2. Penerus Dasar QuickBasic dan PDS adalah Visual Basic for MS-DOS 1.0, dikirim dalam versi Standar dan Profesional. Versi Visual Basic tidak termasuk versi DOS, seperti Microsoft berkonsentrasi pada Windows.
Sebuah subset dari QuickBasic 4.5, bernama QBasic, sudah termasuk dengan MS-DOS 5 dan versi, menggantikan GW-BASIC disertakan dengan versi sebelumnya MS-DOS. Dibandingkan dengan QuickBasic, QBasic terbatas hanya seorang juru bahasa, tidak memiliki beberapa fungsi, program hanya dapat menangani ukuran yang terbatas, dan tidak memiliki dukungan untuk modul program yang terpisah. Karena tidak memiliki compiler, itu tidak dapat digunakan untuk menghasilkan file executable, meskipun kode sumber program masih dapat dikompilasi oleh QuickBasic 4.5, PDS 7.x atau VBDOS 1,0 kompiler, jika tersedia.
Untuk Sistem Operasi Macintosh QuickBasic 1,00 diluncurkan pada 1988. Ini secara resmi didukung pada menjalankan Macintoshes Sistem 6 dengan lebih dari 1 MB RAM . QuickBasic juga bisa berjalan di bawah 7 Sistem sepanjang 32-bit pengalamatan telah dinonaktifkan (ini tidak mungkin dilakukan di LG Macintoshes berbasis 68.040).
11. Bahasa Pemrograman C++
C + + (dibaca “Lihat plus plus”) adalah sebuah statis diketik, free-form, multi-paradigma, dikompilasi, untuk keperluan umum bahasa pemrograman. Hal ini dianggap sebagai bahasa tingkat menengah, karena terdiri dari kombinasi keduanya tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah fitur. ini dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup dimulai pada tahun 1979 di Bell Labs sebagai perangkat tambahan pada bahasa pemrograman C dan awalnya bernama “C dengan Kelas”. Itu diubah namanya menjadi C + + pada tahun 1983.
C + + secara luas digunakan dalam industri perangkat lunak, dan tetap menjadi salah satu bahasa yang paling populer yang pernah dibuat. Beberapa dari domain mencakup sistem aplikasi perangkat lunak, perangkat lunak aplikasi, device driver, perangkat lunak tertanam, performa tinggi server dan aplikasi-aplikasi client, dan perangkat lunak hiburan seperti video game. Beberapa kelompok memberikan keduanya gratis dan kepemilikan C + + compiler perangkat lunak, termasuk GNU Project, Microsoft, Intel, Borland dan lain-lain.
C + + ini juga digunakan untuk desain hardware, di mana desain awalnya digambarkan dalam C + +, kemudian dianalisis, arsitektur terkendala, dan dijadwalkan untuk menciptakan tingkat transfer register bahasa deskripsi perangkat keras tingkat tinggi melalui sintesis.
Bahasa mulai sebagai tambahan ke C, pertama menambahkan kelas, maka fungsi virtual, operator overloading, pewarisan berganda, template, dan pengecualian penanganan di antara fitur-fitur lainnya. Setelah bertahun-tahun pembangunan, C + + bahasa pemrograman standar diratifikasi pada tahun 1998 sebagai ISO / IEC 14882:1998. Bahwa standar masih saat ini, tetapi tahun 2003 diubah dengan corrigendum teknis, ISO / IEC 14882:2003. Berikutnya versi standar (dikenal secara informal sebagai C + +0 x) adalah dalam pembangunan.
12. Bahasa Pemrograman Pascal
Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer. Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatan Borland International yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Belakangan, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi. Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi. Pemrograman tingkat tinggi menandakan bahwa Pascal banyak menggunakan bahasa manusia dalam penulisan sintaksnya.Beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya yang ada yaitu BASIC dan DELPHI. Sedangkan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa pemrograman yang masih banyak menggunakan tanda-tanda sehingga bahasa ini cenderung lebih “kotor”. Beberapa bahasa pemrograman tingkat rendah yang sering digunakan adalah C, C++ dan Java.
13 Bahasa Pemrograman. JAVA
Java adalah bahasa pemograman yang berorientasi objek dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem oprasi.perkembangan java sekarang tidak hanya terfokus pada satu sistem oprasi,tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open sorce.
KARAKTERISTIK DAN KELEBIHAN JAVA
1.Sederhana Java adalah suatu bahasa sederhana.
2.Berorientasi objek
3.Dapat didistribusi dengan mudah 4.kuat
5.Aman
6.Portabel
7.Multiplatform
8.MultiThread
9.Interpreter
10.Kinerja yang tinggi
11. Dinamis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: